Popularitas apartemen kini tak kalah dari rumah tapak. Bahkan, dari waktu ke waktu, apartemen menjadi lebih diminati dibandingkan dengan rumah tapak dengan alasan keamanan dan kenyamanan. Sebab apartemen biasanya memiliki sistem penjagaan yang ketat dan terletak di lokasi strategis. Sehingga tak mengherankan bila pembelian apartemen terus meningkat dari tahun ke tahun.

Beberapa informasi seputar jual beli apartemen berikut ini akan menjadi referensi berharga bagi Anda. Karena prediksi pembelian apartemen di tahun 2017 dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu.

Peluncuran Tertinggi Terjadi Tahun 2013-2014
Pasar apartemen mengalami peningkatan pesat sepanjang kuartal 2013-2014. Pada kuartal kedua tahun 2013, sebanyak 4.500 unit apartemen dirilis untuk para pembeli. Namun pada masa tersebut, rupanya penjualan apartemen juga sempat mengalami penurunan drastis.

Data pada kuartal ketiga tahun 2013 mencatat bahwa hanya ada 1.000 unit apartemen yang dijual pada periode tersebut. Bila dihitung secara keseluruhan, maka rata-rata peluncuran apartemen mencapai 2.940 unit per kuartal pada periode 2013-2014.

Tahun 2015 Juga Mencatat Omset Besar
Pada kuartal ketiga tahun 2015, jumlah apartemen yang diluncurkan mampu mencapai angka 3.000 unit. Pencapaian ini kemudian mulai mengalami penurunan pada periode 2016. Bahkan pada bulan Juli hingga September 2016, jumlah apartemen yang diluncurkan hanya berkisar pada angka 600 unit saja. Jumlah ini kemudian kembali meningkat pada kuartal keempat hingga mencapai angka 1.249 unit. Sehingga jumlah peluncuran apartemen rata-rata per kuartal di tahun 2016 kurang lebih 1.840 unit.

Situasi Politik Mempengaruhi Pembelian Apartemen
Ternyata sebagian besar orang juga menunggu situasi politik yang aman sebelum melakukan pembelian apartemen. Fenomena unik ini juga tampak di ibukota, ketika suasana pilkada DKI dinilai cukup panas dan menyita perhatian. Hal ini membuat orang menantikan harga promo saat ingin membeli apartemen.

Kondisi pilkada ibukota yang akan melewati putaran kedua juga turut berpengaruh. Diperkirakan bahwa pembelian apartemen mulai meningkat setelah ibukota dan sejumlah daerah lain di tanah air sudah memiliki pemimpin yang baru.

Pengaruh Nilai Tukar Rupiah Terhadap Penjualan Apartemen
Nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika juga menjadi salah satu hal yang mempengaruhi penjualan apartemen. Saat nilai tukar rupiah melemah, maka orang cenderung menahan keinginan untuk membeli apartemen yang dijual dengan hitungan dollar Amerika. Pasar properti Indonesia akan mengalami peningkatan signifikan bila nilai tukar rupiah sedang menguat dan relatif stabil.

Akses Transportasi Umum di Sekitar Apartemen
Keberadaan akses transportasi umum juga mempengaruhi penjualan dan pembelian apartemen. Misalnya saja proyek pembangunan MRT di kawasan Jakarta Selatan. Menjelang rampungnya proyek MRT, maka kemungkinan besar harga apartemen di sekitar kawasan MRT akan meningkat. Masyarakat pasti menginginkan apartemen yang lokasinya strategis dan dekat dengan akses transportasi umum. Supaya masyarakat yang setiap hari pulang pergi ke kantor tidak repot mengakses mode transportasi yang dibutuhkan.

Jika Anda berencana membeli apartemen dalam waktu dekat, berarti Anda mesti lebih rajin mencari referensi seputar penjualan dan pembelian apartemen. Dengan demikian, Anda bisa segera mendapatkan apartemen yang harga dan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan.

Developer Perumahan Margahayu Bandung Terkemuka
Margahayuland, Perusahaan yang bergerak di bidang perumahan ini yang telah berdiri selama 44 tahun. MRD telah sukses mendirikan 50.000 properti seperti perumahan Margahayu Bandung, apartement dan juga pusat perbelanjaan. Kesuksesannya sebagai perusahaan bidang perumahan di Indonesia dengan fasilitas yang lengkap serta lokasi yang sangat strategis, MRD akan terus berusaha memberikan inovasi dan juga konsistensi dalam pengembangan dalam negeri.
follow us