MRD Sambut Baik Kepemilikan Properti Oleh Orang Asing

Lesunya bisnis properti di Indonesia membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerapkan kebijakan mengizinkan Warga Negara Asing (WNA) untuk mendapatkan hak milik properti di Indonesia. Untuk mengimplementasikan kebijakan itu, Pemerintah Indonesia akan merevisi Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 1996 tentang Pemilikan Rumah Tempat Tinggal atau Hunian oleh Orang Asing yang Berkedudukan di Indonesia.

Selama ini, WNA hanya diperbolehkan mendapatkan izin untuk Hak Guna Bangunan (HGB) yang membatasi kepemilikannya. Hal ini yang menjadi permasalahan bagi WNA yang harus meninggalkan Indonesia karena mereka harus mengalihkan HGB tersebut dalam waktu satu tahun kepada Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki hak kepemilikan secara penuh.

Ini pula yang sering dikeluhkan oleh para pengusaha properti Indonesia yang tergabung dalam Real Estate Indonesia (REI). Kondisi tersebut membuat daya beli WNA terhadap properti di Indonesia menjadi menurun dan mempersulit persaingan penjualanan properti dalam kancah regional.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadomoeljono, telah mengungkapkan bahwa keputusan ini akan segera diberlakukan setelah Presiden Jokowi menerima sejumlah keluhan REI. Pemerintah juga tidak akan mempermasalahkan permintaan properti yang akan meningkat dengan diberlakukannya peraturan ini.

“Kepemilikan asing ini diperuntukkan untuk properti rumah vertikal seperti apartemen,” ujar Basuki seperti yang dikutip dari Kontan.

Pemberian lampu hijau terhadap ekspatriat untuk memiliki properti di Tanah Air juga disambut positif oleh PT MargahayuLand Developer (MRD), sebagai salah satu pengembang properti terbesar di Indonesia. MRD yakin bahwa awal baik ini dapat membuka persaingan dalam bisnis properti di Indonesia semakin besar dan memberikan keuntungan, baik bagi pemilik maupun pemerintah.

Sejak berdiri 44 tahun lalu, MRD yang berbasis di Bandung, Jawa Barat, telah melakukan beberapa proyek pembangunan apartemen di ibukota, seperti The Kencana Residence, Somerset Kencana dan 19 Avenue. Kontribusi MRD untuk menghadirkan proyek unggulan yang berkualitas di Tanah Air terbukti dengan diraihnya penghargaan Indonesia Property & Bank Award (IPBA) 2015 sebagai Pengembang Visioner dengan Pertumbuhan yang Cepat untuk kategori Best Developer Award pada Mei 2015 lalu.

The Kencana Residence dan Somerset Kencana terletak di kawasan perkantoran dan perbelanjaan yang strategis di Jakarta Selatan. Apartemen premium (high end) yang didirikan pada awal tahun 2015 ini dilengkapi berbagai fasilitas berkelas, seperti kolam renang, taman bermain, gym dan lapangan tenis. Apartemen ini juga didesain ekslusif yang akan memberikan kenyamanan yang istimewa dan berkesan.

Sementara 19 Avenue yang terletak di sentra bisnis Jakarta Barat, Daan Mogot, menjadi salah satu favorit investor properti di Indonesia. Akses yang mudah dan fasilitas yang lengkap menjadi keunggulan dari apartemen ini. Apalagi 19 Avenue yang berada di lokasi bebas banjir dan fully furnished akan memberikan keuntungan berlipat ganda. Apartemen ini pun mendapatkan penghargaan Indonesia MyHome Award (IMHA) 2015 untuk kategori Desain Apartemen Modern Terbaik Bertema Vibrant Living pada tahun 2015.

Developer Perumahan Margahayu Bandung Terkemuka
Margahayuland, Perusahaan yang bergerak di bidang perumahan ini yang telah berdiri selama 44 tahun. MRD telah sukses mendirikan 50.000 properti seperti perumahan Margahayu Bandung, apartement dan juga pusat perbelanjaan. Kesuksesannya sebagai perusahaan bidang perumahan di Indonesia dengan fasilitas yang lengkap serta lokasi yang sangat strategis, MRD akan terus berusaha memberikan inovasi dan juga konsistensi dalam pengembangan dalam negeri.
follow us